Rabu, 27 Desember 2017

5 Nutrisi Penting Untuk Kehamilan Sehat

Kehamilan menuntut nutrisi yang baik untuk kesehatan bayi dan ibu. Makanan terencana dengan bahan segar memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan. Prinsip dasar diet sehat tetap sama, yang berarti setiap makanan harus memberi nutrisi makro seperti - Protein, Karbohidrat, dan lemak dan zat gizi mikro termasuk vitamin dan mineral dalam jumlah yang memadai.

Beberapa yang pasti harus kaya akan kehamilan yang sehat adalah:

1. Protein: Protein sangat penting untuk pertumbuhan janin yang sehat dan untuk menjaga kesehatan ibu. Protein membentuk blok bangunan untuk darah, tulang, organ, otot dan jaringan. Asupan protein yang tidak memadai dapat menyebabkan malnutrisi berat. Diet harian Anda harus memiliki tambahan 0,5 g protein pada trimester pertama, 6,9g pada posisi kedua dan 22,7g pada trimester ketiga. Jadi Anda membutuhkan sekitar 78g protein pada trimester ketiga.

2. Asam folat atau Folat: Asam folat sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf, kelainan serius pada sumsum tulang belakang dan otak. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan berat lahir, sintesis hemoglobin dan mengurangi kejadian kelahiran pra-matur. Tunjangan yang disarankan adalah 500micro g / hari

3. Besi: Dalam bentuk hemoglobin, Besi sangat penting untuk membawa oksigen ke dalam darah kita. Selama kehamilan tubuh perlu meningkatkan volume darah untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh, maka lebih banyak zat besi dalam makanan sangat penting. Anemia adalah salah satu penyebab kelahiran prematur dan berat lahir rendah. Wanita India membutuhkan 35mg / d zat besi selama kehamilan.


Sumber non vegetarian dianggap lebih baik karena penyerapan zat besi lebih ditingkatkan. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber vegetarian, menambahkan sumber vitamin C membantu. Jadi meremas beberapa lemon pada makanan, atau menambahkan salad tomat atau hanya amla meningkatkan penyerapan.

4. Kalsium: Kalsium dibutuhkan untuk membangun kesehatan tulang dan gigi bayi serta untuk produksi ASI kaya kalsium dan pencegahan osteoporosis pada ibu. ICMR telah mencantumkan kebutuhan kalsium harian untuk wanita hamil di 1200mg. Faktor penting dalam memilih sumber kalsium adalah bioavailabilitasnya - Susu adalah salah satu sumber kalsium biologis yang terbaik.

5. Vitamin A diperlukan untuk penglihatan yang sehat, fungsi kekebalan tubuh dan pertumbuhan dan perkembangan janin. Ibu rentan terhadap kekurangan vitamin A terutama pada trimester ketiga karena perkembangan janin yang cepat dan peningkatan volume darah. Termasuk vitamin A yang mengandung makanan seperti sumber hewani seperti susu, mentega, telur dan ikan atau Beta carotene yang kaya akan sumber vegetarian dalam makanan sehari-hari dapat membantu memenuhi kebutuhan 800 ribu vitamin A atau 6400μg beta karoten harian sehari-hari.

Baca Juga : Childcare Jakarta

Disclaimer

Pendapat yang diungkapkan dalam artikel ini adalah pendapat pribadi penulis. Kami tidak bertanggung jawab atas keakuratan, kelengkapan, kesesuaian, atau keabsahan informasi apapun pada artikel ini. Semua informasi diberikan berdasarkan as. Informasi, fakta atau opini yang muncul dalam artikel tersebut tidak mencerminkan pandangan Kami dan Kami tidak bertanggung jawab atau bertanggung jawab atas hal yang sama.